10 Budaya Muslim UNJ



Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokatuuh..

Hai sobat Iqti dan Shodi, kalian sudah tau 10 Budaya Muslim yang ada di UNJ belum? kalau belum, yuk disimak baik-baik~

Yang pertama ada..


·         SAW (Shalat Awal Waktu)
Seperti yang kita ketahui bahwa Allah SWT menyintai hamba-hamba-Nya yang mendahulukan shalat di awal waktu. Seperti hal ketika kita ingin segala keinginan dan kebutuhan kita didahulukan oleh-Nya, maka kita harus mendahulukan-Nya juga.
“Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah shalat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari & Muslim)

Kedua ada..


·         TIBAS (Tilawah Bada’ Sholat)

Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus.” [Al-Isra; 9]
Al-Qur’an itu memberikan kita petunjuk, kapan pun dan di mana pun.

Ketiga ada..



·         SPD (Setiap Pagi Dhuha)
Sobat Iqti dan Shodi, sudah tau kan kalau manfaat sholat dhuha itu banyak bangeeeeeettttt!!! Seseorang yang sering melakukan sholat dhuha pasti udah tahu nih manfaat-manfaat yang didapat dari sholat ini. Biasanya sholat ini dikhususkan untuk mendapat rizki dari Allah SWT. Akan tetapi, rizki di sini bukan hanya berupa materi ya sobat Iqti dan Shodi. Rizki itu bisa berupa kesehatan jasmani dan rohani, rizki berupa akal dan pikiran, dan masih banyak lagi.
Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya di antara kalian bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, beramar maruf (menyuruh berbuat baik) adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan itu semua sudah tercukupi degan dua raat sholat dhuha.” (HR. Muslim no 720)



Keempat ada..


·         SKS (Senin Kamis Shaum)

Pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut), kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) anatra dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” [HR. Muslim no 2565]

Kelima ada..


·         GT-5S (Gerakan Tebar Senyum, Salam, Sopan, dan Santun)

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makan, lakukan silaturahim, dan shalatlah ketika orang lain tidur malam, maka engkau akan masuk ke surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi, dia berkata: “hasan shahih”)

Keenam ada..


·         GEMAR (Gerakan Mari Berinfaq)

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya.” [Saba’/34 : 39]


Ketujuh ada…



·         GST (Gerakan Setengah Tujuh)

Gerakan setengah tujuh ini dibuat khusus untuk para akhwat (muslimah) di UNJ. Karena wanita itu ibarat berlian sehingga harus terjaga keberadaanya. Maka dari itu, yuk, para muslimah baik yang di UNJ maupun yang tidak, biasakan tidak pulang malam-malam atau keluar malam-malam.


Yang kedelapan ada..



·         JUMTIH (Jumat Putih)

Pakaian berwarna putih lebih baik dari pakaian berwarna lain, walaupun itu tidak terlarang. Rasulullh SAW bersabda, “Pakailah pakaian berwarna putih karena pakaian berwarna putih lebih suci dan lebih baik. Kafankanlah jenazah kalian dengan kain putih.” (HR. Ahmad, an-Nasaa’I, dan selain keduanya, lihat Shahiihul Jaami’ : 1235)



Yang kesembilan ada..




·         GEMES (Gerakan Muslimah Berhias Syar’i)

Surat Al-Ahzaab ayat 29, “Hai nabi, katakanalah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’ yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untu dikenal karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi maha penyayang.”

Dan yang terakhir ada..


·         GAM (Gerakan Ayo Mentoring)

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu: ‘berilah kelapangan di dalam majelis’, maka lapangkanlah niscahya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan; ‘berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscahya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu apa yang kamu kerjakan.” [Al-Mujaadihlah: 11]



Nah..itu tadi merupakan 10 Budaya Muslim yang ada di UNJ sobat Iqti dan Shodi. Gimana? Keren kan? Biar lebih keren, yuk kita terapkan 10 Budaya Muslim tadi bersama-sama!!~~


#BersahabatMenebarManfaat

 Twitter : @al_iqtishodi
 Ig : @al_iqtishodi 
 Fb : al.iqtishodi

Komentar

Postingan Populer