Imran Biqai - I cried on the Cham fancy (lagu sedih anak suriah)

Bismillah
Muhasabah untuk malam ini..
Kita coba tengok Saudara kita disebrang sana, lewat pesan lagu nasyid yang dibawakan oleh adik kecil kita.
Semoga lewat tayangan ini, dapat meningkatkan rasa syukur dan keimanan kita.
Dan jgn lupa selipkan sebait doa kita untuk saudara kita disana.







Dan berikut akan mimin bahas mengenai "KEUTAMAAN TANAH SYAM"

Tentang negeri Syam Nabi MuhammadShallallahu ‘alaihi wasallammengatakan:“Pergilah ke Syam karena ia adalah bumi pilhan Allah, Dia memilih hamba-hamba terbaik-Nya untuk kesana. Jika kalian tidak mau maka pergilah ke Yaman kalian dan minumlah dari telaga-telaga kalian. Karena sesungguhnya Allah telah menjamin untukku Syam dan penduduknya.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim; dishahihkan Syaikh Al-Albani).

“Apabila penduduk Syam telah rusak maka tidak ada kebaikan pada kalian. Akan senantiasa ada sekelompok umatku yang selalu beruntung tanpa terganggu dari orang-orang yang menipu mereka hingga hari kiamat.” (HR. Tirmizi no. 2351)

“Sesungguhnya kekuatan muslimin pada waktu itu di Ghuthah, di samping kota yang bernama Damaskus yang paling terbaik di negeri Syam.” (HR. Abu Daud no. 4300)

Bahkan secara khusus Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallammendoa’kan negeri Syam dengan do’a yang luar biasa. BeliauShallallahu ‘alaihi wasallam  mengatakan: “Ya Allah, berkahilah untuk kami pada negeri Syam kami dan pada negeri Yaman kami. (HR. Al-Bukhari).



Imam Izz bin Abdussalam berkata, “Sesungguhnya kekuatan di kerajaan Islam, sebagian besar pasukannya yang berani di negeri Syam.” (Targhib Ahlil- Islam Fi Sukna Biladisy-Syam hal. 5)

Suriah adalah bagian dari negeri Syam. Inilah negeri yang dibuka pertama kali oleh khalifah ‘Umar bin KhaththabRadhiyallahu ‘anhu. Tidak sedikit sahabat Nabi  Shallallahu ‘alaihi wasallam dan orang-orang shalih yang berhijrah kesana karena keutamaan-keutamaan negeri Syam. Dari negeri yang penuh berkah ini lahir ulama-ulama Islam besar, seperti: Imam Nawawi rahimahullah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah, Ibnu Qayyim Al-Jauziyahrahimahullah, Ibnu Katsir rahimahullah, dan yang lainnya.


Wallahualam Bissawab


Komentar

Postingan Populer