ADA APA DENGAN TAKJIL?

Assalamualaykum.. shobat iqti udah masuk hari ke 21 aja nih Ramadhannya. Gimana target ibadahnya? insyaAllah lancar dong

Oiya kali ini kita akan bahas tentang takjil. Hm.. apa yang ada dibenak sobat ketika mendengar kata “takjil”? kebanyakan orang di Indonesia menyebut makanan berbuka puasa dengan sebutan takjil. Istilah "takjil gratis" sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi tahukah sobat bahwa itu merupakan kekeliruan dan salah kaprah? Wah kok bisa.

Simak berikut ini yaa
Makna takjil menurut ilmu bahasa arab ialah “penyegeraan, bersegera, percepatan”, sebuah kata dasar dari ajjala, yu’ajjilu artinya menyegerakan, mempercepat. Ta’jilul fitri = menyegerakan berbuka (puasa).

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Abu HAzim dari Sahal bin Sa’ad bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْر
Manusia Senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka. (HR. Bukhori muttafaq alaih)

Berdasarkan hadist nabi para ulama menyimpulkan dengan membuat istilah “sunah takjil” yaitu sunah menyegerakan berbuka puasa dahulu ketika azan maghrib tiba sebelum mengerjakan yang lainnya seperti berwudhu, shalat maghrib, shalat sunah dan lain-lain. Bukan dalam arti mendahulukan makan kemudian menunda solat maghrib sampai akhir waktu tapi buka puasa sesegera mungkin dengan sebutir kurma atau seteguk air pun sudah hasil pahala sunah takjil tanpa harus kehilangan keutamaan shalat diawal waktu.

Jadi maksud Ta'jil/Takjil adalah penyegeraan membatalkan puasa dengan makanan pembuka bukan makanan untuk berbuka puasa. Nah sekarang udah tahu kan makna Takjil sebenarnya, jangan sampai salah sebut lagi ya sob.

Semoga Bermafaat ��

Komentar

Postingan Populer