PRESS RELEASE TABLIGH AKBAR 2016


       Pagi yang cerah menyinari Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun. Rabu, 9 November 2016 Rangkaian kegiatan Festival Islam Universitas Negeri Jakarta masih berlanjut. Panitia Tabligh Akbar 2016 yang datang sejak pukul 07.00 WIB menjadi saksinya, menjadikan semangat didalam diri setiap panitia. Dilaksanakan briefing panitia dan persiapan Tabligh Akbar sebelum peserta hadir. Kesejukan dan ketenangan di Masjid Nurul Irfan Kampus A UNJ tetap tersemai dalam hati setiap insan yang berada didalamnya.
       Registrasi peserta dilaksanakan mulai pada pukul 10:45 WIB. Acara dimulai pukul 12:18 WIB, dibuka oleh MC > Aditya Wishnuwardhana dan Febri Setiawan, tilawah oleh Dede Firmansyah serta saritilawah oleh Farhan Habib Aprian menjadi awal dari sebuah agenda kebaikan Tabligh Akbar 2016.
       Pembacaan puisi Islam yang sangat memukau dan menggugah hati setiap peserta yang hadir siang itu pada pukul 12:30 WIB oleh Farhan Habib Aprian bersama Gibran Fadilla Hernanda.
       Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana Tabligh Akbar 2016 (Bagas Adiansyah), kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua lembaga BSO Al-Iqtishodi (Giri Saputro) dan dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan dekanat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (Bapak M. Arja, S.Ip) pukul 12:48 s.d. pukul 13:07 WIB.
       Pada pukul 13:07 s.d. 13:12 WIB, MC membacakan narasi pembukaan dan jargon “Gali Sejarah, Terapkan Syariah, Bangkitkan Kejayaan Islam. Allahu Akbar!” serta pengenalan dengan narasi CV Pembicara.
       Tausiyah pukul 13:12 s.d. 13:56 WIB oleh Ust. Dr. Nurul Huda, SE., MM., M.Si. (Ketua IX DPP IAEI) dengan tema “Rahasia Stabilitas Ekonomi Pada Masa Umar bin Abdul Aziz”. Dengan ringkasan materi sebagai berikut.
Latar belakang Umar Bin Abdul Aziz
Kaitan Umar bin Khattab da Umar bin Abdul Aziz
Dialog seorang Anak perempuan ( Gadis) dan Ibunya -----------àAsim ( Anak Umar bin Khattab menikahi gadis itu -------------à Pernikahan ini melahirkan anak perempuan bernama Laila ( ummu Asim ) ----------àUmmu Asim menikah dengan Abdul Aziz bin Marwan ---------à Umar Bin Abdul Aziz .Khalifah Terkenal Khalifah Umayyah Umar Bin Abdul Aziz ( 717-720) #2 Tahun ( Memisahkan mana yang punya Negara dan punya pribadi ) Mengorbankan harta bendanya untuk agama dan memberkan kontribusi lebih untuk agama dan Negara bukan mementingkan diri sendiri. Bukan meminta pada Negara tetapi memberi lebih kepada Negara bahkan dari harta sendiri.

Dakwah  dari mulai :
1.      Diri sendiri
2.      Keluarga
3.      Saudara
4.      Masyarakat
5.      Negara

   Penghematan tehadap anggaran Negara 
Sumber pendapatan pada Masa Umar Bin Abdul Aziz
1.      Zakat ( Zakat Mal )
Zaman Rasulullah sumber pendapatan negara :
a.       Ghonimah
b.      Pay : Pendapatan dari pajak Orang dan negara Kafir

Poin penting :
1.      Gandeng Ulama
2.      Teladan dari diri sendiri dan keluarga
3.      Zakat ( Dibuat reward dan punishment )
4.      Reformasi dan penguatan lalu ekspansi.

       Setelah penyampaian tausiyah terdapat sesi tanya jawab oleh dua orang akhwat dan satu orang ikhwan pada pukul 13:56 s.d. 14:20 WIB.
Akhwat I:
Seandainya restrukturisasi diterapkan di Indonesia, apakah itu tidak terjadi beban pengangguran?
Akhwat II:
Bagaimana peran mahasiswa dalam kondisi ekonomi saat ini?
Mengapa zakat Indonesia tergolong sedikit?
Ikhwan:
Bagaimana langkah-langkah Umar bin Abdul Aziz membuat masyarakat percaya yang kemudian mampu mengubah kepemimpinan penuh nepotisme menjadi yang lebih baik dalam waktu kepemimpnan yang singkat?
Kemudian satu persatu pertanyaan peserta dijawab dengan sangat memuaskan oleh Dr. Nurul Huda selaku pentaujih. Kemudian agenda berikutnya adalah hiburan, penampilan dari D’Papeda Acapella dengan dua buah lagu yang di aransemen, yaitu Jagalah Hati dan Kasih Putih yang dilanjutkan penampilan Tim Hadroh As-Sakhra dengan shalawat yang dilaksanakan pukul 14:20 s.d. 14:50 WIB. Penampilan D’Papeda dan As-Sakhra ini sangat  menghibur peserta yang hadir.
Doa penutup yang dipimpin oleh Aceng Burhanudin pukul 14:50 s.d. 15:00 WIB sebagai penanda berakhirnya rangkaian acara Tabligh Akbar yang dilanjutkan penutupan oleh MC.



Komentar

Postingan Populer