Departemen dan Biro BSO AL IQTISHODI 2017

Departemen dan Biro BSO AL IQTISHODI 2017


1.         DEPARTEMEN SYIAR
Departemen yang satu ini bergerak di bagian pengkajian. Bagi kalian yang senang berbagi dan mengkaji ilmu agama melalui kajian-kajian ke-Islaman serta memiliki semangat tinggi dalam menyiarkan Islam di kampus, cocok banget masuk ke departemen ini.
PROGRAM DAKWAH:


1. Gema Syiar
merupakan rangkaian acara penutup dari Ulang Tahun Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di setiap tahunnya. Yang mana kegiatan ini menghadirkan tausiyah, lomba-lomba islami dan santunan anak yatim.

2.  Gema Ramadhan
merupakan kegiatan bermanfaat yang diadakan saat bulan Ramadhan. Kegiatan Gema Ramadhan yaitu Ifthor jama’i se-gedung L, Ifthor on the Road, tausiyah dan santunan anak yatim.

3. Kajian Islami Fakultas Ekonomi (KAFE)
merupakan kajian islami yang rutin setiap minggunya yang membahas tentang, aqidah, akhlak, siroh dan isu-isu kontemporer.

4. Tabligh Akbar

merupakan Kajian akbar yang di selenggarakan oleh Lembaga Dakwah se-UNJ, di bawah program dakwah LDK SALIM UNJ yaitu Festifal Islam UNJ (FIU) yang mana kegiatan ini membuat festifal islami berupa kajian, hiburan, olahraga Sunnah di UNJ selama satu minggu.



2.        Departemen Al Quran
Departemen yang bergerak pada ranah menyiarkan Al Quran sebagai kitab suci yang sempurna dimuk BUMI. Al Quran merupakan pedoman hidup manusia dalam setiap sendi kehidupan, dan mensyiarkannya merupakan tugas mulia bagi kita semua.
Program Dakwah:

1. SQI (Study Quran Intensif)
adalah wadah untuk kamu yang ingin belajar membaca Al Quran dengan baik dan benar. Di sini terdapat program dari pra tahsin1, pra tahsin 2, tahsin 1, tahsin 2 dan tahsin 3 loh.

2. Taman Lagu (Hataman Quran Malam Minggu)
adalah kegiatan malam minggu internal Iqtishodi dengan bermanfaat, yaitu dengan menghatamkan Al Quran di setiap malam minggunya.

3. Selasa Barokah
adalah kegiatan berbagi makanan dan minuman gratis di setiap hari selasanya, cukup hanya dengan membaca Al Quran di sekretariat gd, L FE UNJ sebanyak 2 lembar sampai 1 juz.

4. Tutor Tajwid/Kajian Tadabbur
adalah kajian islami yang membahas tentang tadabbur Quran maupun belajar Tajwid.

5. Midu (Madrasah Iqro Terpadu)
adalah kegiatan Iqtishodi satu minggu sekali mengajarkan anak-anak belajar membaca Al Quran.

6. Lomba Quran Digital
adalah lomba Quran digital yang sasarannya adalah tingkat Fakultas ataupun Universitas.

     7. Video Murotal
    adalah pembiasaan pendengaran murotal Al Quran di sekretariatan Fakultas     Ekonomi.

3.        Departemen Kaderisasi
Departemen ini fokus terhadap pembinaan internal organisasi mencetak kader yang memiliki jiwa pemimpin, kreatif dan solutif terhadap setiap permasalahan, serta dapat memotivasi, menjaga, dapat dijadikan teladan. Kamu juga bisa berperan mengelola kader yang memiliki kapabilitas dan komitmen terhadap dinamika dakwah di Fakultas Ekonomi.

Program Dakwah:


1. Salim FE (Sahabat Muslim FE)
merupakan sebuah forum dibawah internal BSO AL IQTISHODI.

2. MORNING (Monitoring Mentoring)
merupakan monitoring kegiatan mentoring setiap punggawa BSO AL IQTISHODI.

3. Jaulah
merupakan kegiatan internal BSO AL IQTISHODI yang bergerak untuk mengeratkan kembali ukhuwah para internal.

4. Mutabaah Yaumiyah
merupakan kegiatan reminder yaumiyah para punggawa BSO AL IQTISHODI.

5. Iqtishodi Explorer
merupakan acara dauroh dan alur pengrekrutan yang sasarannya adalah mahasiswa baru, kegiatan ini lebih menekankan pada pengenalan Iqtishodi kepada mahasiswa baru.

6. Ikhwan / Akhwat Zone
merupakan kegiatan refreshing yang di berikan kepada internal iqti, dan kegiatan ini tidak bercampur antara ikhwan dan akhwat.

4.        Departemen Learning Center
Departemen Learning Center (LC) ibarat otak di Iqtishodi. Departemen ini yang menangani program terbesar untuk mahasiswa baru FE yaitu MAGENTA. Dan orang-orang yang ada dibalik program “mentoring” adalah keluarga dari departemen ini juga. Kece kan?
Program Dakwah

1. MAGNET FE (Mahasiswa Generasi Terbaik )
merupakan rangkaian kegiatan pembekalan untuk mahasiswa baru selama satu semester, yang diadakan oleh opmawa, ormawa dan dekanat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

2. Sekolah Mentor
merupakan kegiatan pembekalan untuk para calon mentor/mentor yang akan dibina dan siap untuk mementori para mahasiswa baru.

3. Mentoring Squad
merupakan tim yang bergerak pada ranah mentoring di Fakultas Ekonomi.

4. Mentoring Gabungan
merupakan acara gabungan dari mentoring per-mentoring yang di lakukan oleh Mentoring Squad pada rangkaian acara MAGNET.

5. Klinik Belajar
merupakan kegiatan belajar perkuliahan yang di berikan oleh mahasiswa baru yang akan menjalani UTS maupun UAS.

6. Mentoring Day
merupakan kegiatan mentoring pada hari yang sama, namun tetap pada ranah lingkarannya.

5.         Departemen Humas Dan Media
Departemen yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka sama bidang publikasi, dokumentasi serta media pastinya. Disini kamu akan belajar bagaimana mengemas dakwah menjadi lebih menarik. Departemen ini juga bertugas mempublikasikan semua kegiatan yang dilakukan oleh keluarga BSO Al-Iqtishodi.
Program Dakwah

1.   Media Cyber
merupakan kegiatan publikasi dari kegiatan Iqtishodi dan juga bentuk dari informasi dan komunikasi kepada masyarakat FE. Dari media cyber ini juga terdapat tausiyah islami yang dapat menambah ilmu kepada masyarakat.

2.  Pelatihan Desain
merupakan kegiatan pelatihan desain yang di berkan kepada internal Iqtishodi yang di harapkan para punggawa Iqtishodi minimal mempunyai kemampuan dasar desain.

3.   Butiq (Buletin Iqtishodi)
merupakan media cetak yang di keluarkan oleh Iqtishodi yang berisi tentang perkenalan Profil Iqtishodi, maupun tentang isu-isu kontemporer.

4.   Open House
merupakan kegiatan yang di lakukan oleh opmawa dan ormawa Fakultas Ekonomi yang tujuannya adalah mahasiswa baru dapat menghadiri kegiatan Open House dan berkunjung ke stand Opmawa Ormawa untuk berkenalan pada masing-masing profil organisasi.

5.   Forum Silaturahim Iqtishodi
merupakan acara silaturahim antar pengurus Iqtishodi.

6.   Atribut Iqtishodi
merupakan kegiatan huda untuk mendokumentasi, emembuat presrilis, membuat struktur kepengurusan, dan membuat desain prodak Iqtishodi.

7.   Kapita Selekta
merupakan perkenalan Iqtishodi kepada mahasiswa baru pada saat MPA, WISE dan IE.4

6.        Biro Administrasi dan Kesekretariatan
Biro Administrasi dan Kesekretarian atau akrab disebut ASKES ini bergerak dalam bidang administrasi pastinya. Cocok buat kamu yang suka dengan pengarsipan, penataan serta kerapihan baik dalam administrasi maupun sekret BSO Al-Iqtishodi. Oiya Biro ini hanya khusus akhwat (perempuan) yaa…
Program Dakwah
1. Merpati (Merapihkan Sekret Iqtishodi)
merupakan kegiatan bersih-bersih sekretariat BSO AL IQTISHODI agar terlihat bersih dan rapih.

2. Iqtiba (Iqtishodi Membaca)
merupakan wadah kegiatan untuk para internal Iqti untuk menambah keilmuan dengan membaca buku islami yang telah di sediakan.

3. Milad Day
merupakan reminder ulang tahun punggawa Iqtishodi untuk di informasikan ke internal lalu di doakan bersama.

4. Inventaris Iqtishodi
merupakan kegiatan inventaris yang di lakukan oleh Biro Askes.



7.        Biro Muslimah
Biro Muslimah, sesuai dengan namanya biro ini menangani bagian kemuslimahan FE UNJ. Bagi kamu yang senang dengan dakwah dalam bidang kemuslimahan cocok banget masuk ke biro ini. Biro ini juga mengkaji dan membantu memecahkan permasalahan muslimah yang ada di Fakultas Ekonomi khususnya.
Program Dakwah

1. SEMUT (Seputar Muslimah Qualitytime)
merupakan kajian islami yang membahas tentang permasalahan muslimah, dan ini khusus untuk para muslimah ya.

2. Kongkow Muslimah
merupakan kegiatan refreshing para muslimah atau biasa di sebut akhwat zone.

3. FIKSI

4. Gemas (Gerakan Muslimah berhias Syar’i)
merupakan kegiatan yang di lakukan Lembaga Dakwah se-UNJ maupun se-Indonesia yang di bersamai oleh FSLDK untuk tebar hijab kepada para muslimah. Acara ini berisi, aksi, sosialisasi, dan bagi-bagi hijab syar’I gratis.


8.        Biro Maisyah

Biro Maisyah adalah Biro yang bergerak pada ranah kegiatan social dan juga pendanaan. Disini jiwa wirausaha kalian dan jiwa social kalian akan di bangun. Dalam bidang wirausaha kita niatkan bersama tuk membantu permasalahan yang ada, tidak hanya mencari keuntungan semata saja. Dan jiwa social dan ras empati kalian akan di pupuk melalui program-program yang berorientasi pada kepentingan orang lain sehingga kita tumbuh menjadi sosok yang peduli dan berguna bagi lingkungan.
Program Dakwah

1. Iqtimart
merupakan koperasi Iqtishodi yang menjual berbagai kebutuhan islami,seperti kaos kaki akhwat, buku-buku islami, makanan dan minuman halal, dan lain-lain.

2. Iqti Id
merupakan wadah BSO AL IQTISHODI untuk melengkapi perlengkapan identitas di Iqtishodi. Seperti, jaket, batik, kartu identitas iqti, dan lain-lain.

3. Gemar Berinfaq
merupakan wadah Fakultas Ekonomi untuk berinfaq, dan nantinya uang tersebut akan di alokasikan kepada mahasiswa FE yang kesulitan dalam membayar uang UKT.

4. Bazar
merupakan wadah kepada mahasiswa UNJ yang menghadirkan makanan dan minuman halal, dan barang-barang islami.

5. Iqti cell
merupakan wadah kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang membutuhkan pulsa dapat membeli di Iqti cell.

6. G-SAY (Gerakan-Sayang Anak Yatim)
merupakan kegiatan santunan anak yatim yang di selenggarakan oleh Iqtishodi.

7. BABE JAMAL (Barang Bekal Jadi Amal)
merupakan kegiatan kreatif dari barang-barang bekas yang akan di jual lalu hasilnya akan di berikan kepada yang membutuhkan tuk menjadi amal kebaikan.


Nah itu tadi Departemen dan Biro yang ada di Iqtishodi beserta program dakwahnya. Gimana nih sobat Muslim, kece-kece banget kan. Makanya yuk, bergabung dengan keluarga Iqtishodi..
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Info Lebih Lanjut : 
Fb : al.iqtishodi
Line : 
http://line.me/ti/p/~@xhz6489y
Twiiter : @al_iqtishodi
IG : @al_iqtishodi
Blog : 
sahabatiqtishodi.blogspot.com


Komentar

Postingan Populer