Yuk Kenali Bunda Aisyah

Aisyah

1) Putri dari Abu Bakar Abu bakar merupakan laki-laki yang pertama kali masuk Islam, kesetiaannya beliau kepada Nabi, pengorbanan dan jasanya pada Islam bukan kaleng-kaleng!
2) Wanita suci Sayyidah Aisyah pernah difitnah. Lalu Allah swt menegaskan kesucian Aisyah dengan menurunkan (Q.S An-Nur 24 : 11-19) otw buka Al-Qur’an terjemahan 
3) Wanita Cerdas Luasnya pengetahuan Bunda Aisyah dalam segala bidang (spiritual & kehidupan dunia), karena rasa ingin tahu dan usahanya untuk belajar sangatlah besar.

Beliau meriwayatkan banyak hadits dan mampu menjelaskan komentarnya ketika para sahabat terkemuka yang mengadukan kesulitannya kepadanya. Bunda Aisyah juga pernah mendapatkan gelar “mujtahid”.

Bagaimana Bunda Aisyah Belajar?

1) Mendengarkan dengan Baik
Sayyidah Aisyah selalu mendengarkan khutbah dan percakapan sehari-hari Nabi dan para sahabatnya yang biasa berkumpul di masjid. Apapun yang dikatakan oleh Nabi, dia tidak hanya mendengarkan dengan penuh perhatian, tetapi juga mengikuti dengan cermat setiap petunjuknya.
2) Bertanya
Jika Tidak Paham Begitu Bunda Aisyah tidak paham akan suatu hal, Nabi diminta menjelaskan keraguannya ketika Nabi sampai ke rumah.
3) Mengamalkannya
Bunda Aisyah selalu bersikap zuhud dan dermawan, karena Beliau selalu mengamalkan apa yang diajarkan oleh Rasulullah.
4) Mengajarkannya
Sayyidah Aisyah menjadi pengajar dalam suatu majelis terbuka setelah Rasul wafat. Ilmu yang dikuasai Sayyidah Aisyah didapatkan dari pengalamannya hidup bersama Rasulullah. Sayyidah Aisyah tidaklah minder untuk mengajarkan ilmu kepada sahabat dan tabi’in yang mayoritasnya adalah laki-laki.

Rasanya sangatlah benar jika lirik dalam lagu yang sedang viral itu menyatakan “amat cerdas ilmu seluas samudera”, karena Sayyidah Aisyah mempunyai daya intelektualitas yang luar biasa, Sayyidah Aisyah menjadi panutan kita perihal menjadi istri, ibu, kakak perempuan dan ummul mukminin. Mari kita reformasi semangat belajar kita, layaknya Bunda Aisyah yang tidak pernah berhenti belajar! 

Komentar

Postingan Populer