[ENSIKLOPEDIA ISLAM]

[ENSIKLOPEDIA ISLAM]
.
EDISI
‼️TOKOH ISLAM‼️
Assalamualaikum Wr.Wb.
Halo, Sobat Muslim FE UNJ 👋
Kali ini kami akan menyampaikan sedikit ilmu yang mungkin akan berguna bagi kalian. Dia adalah penemu aljabar, simak kisahnya...
.
Beliau dikenal sebagai Penemu Aljabar dan Angka Nol. Nama Asli dari Al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi. Selain itu beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. Al-Khawarizmi dikenal di Barat sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lagi. Ia dikenal sebagai penemu dari Aljabar dan juga angka nol. Beliau dilahirkan di Bukhara.Tahun 780-850M adalah zaman kegemilangan al-Khawarizmi. al-Khawarizmi telah wafat antara tahun 220 dan 230M. Ada yang mengatakan al-Khawarizmi hidup sekitar awal pertengahan abad ke-9M. Sumber lain menegaskan beliau hidup di Khawarism, Usbekistan pada tahun 194H/780M dan meninggal tahun 266H/850M di Baghdad.
.
Al-Khawarizmi juga dipercaya untuk memimpin *perpustakaan khalifah*. Beliau pernah memperkenalkan angka-angka India dan cara-cara perhitungan India pada dunia Islam. Beliau juga merupakan seorang penulis Ensiklopedia dalam berbagai disiplin. Al-Khawarizmi adalah seorang tokoh yang pertama kali memperkenalkan aljabar dan hisab. Banyak lagi ilmu pengetahuan yang beliau pelajari dalam bidang matematika dan menghasilkan konsep-konsep matematika yang begitu populer yang masih digunakan sampai sekarang.

Banyak lagi konsep dalam matematika yang telah diperkenalkan al-khawarizmi . Bidang astronomi juga membuat al-Khawarizmi terkenal. Astronomi dapat diartikan sebagai ilmu falaq [pengetahuan tentang
bintang-bintang yang melibatkan kajian tentang kedudukan, pergerakan, dan pemikiran serta tafsiran yang berkaitan dengan bintang.

_*PERANAN DAN SUMBANGAN AL-KHAWARIZMI*_
Sumbangsihnya dalam bentuk hasil karya diantaranya ialah :
```Al-Jabr wa’l Muqabalah``` : beliau telah mencipta pemakaian secans dan tangens dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi.
```Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah``` : Beliau telah mengajukan contoh-contoh persoalan matematika dan mengemukakan 800 buah masalah yang sebagian besar merupakan persoalan yang dikemukakan oleh Neo. Babylian dalam bentuk dugaan yang telah dibuktikan kebenarannya oleh al-Khawarizmi.
```Sistem Nomor``` : Beliau telah memperkenalkan konsep sifat dan ia penting dalam sistem Nomor pada zaman sekarang. Karyanya yang satu ini memuat Cos, Sin dan Tan dalam penyelesaian persamaan trigonometri , teorema segitiga sama kaki dan perhitungan luas segitiga, segi empat dan lingkaran dalam geometri.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Informasi lebih lanjut:
🐤@al_iqtishodi
📷al_iqtishodi
👥al.iqtishodi

Kabinet Azmi Rabbani
#BersamaMenebarManfaat
©BSO Al-Iqtishodi Masa Jih,ad 1438 H





Komentar

Postingan Populer