[ENSIKLOPEDIA ISLAM]



                      EDISI
    ‼PENINGGALAN ISLAM‼

Assalammualaikum,Wr.Wb Hallo, Sahabat Muslim FE UNJ

Tahukah kalian tentang Mushaf Al-Qur'an tertua yg ada di Uzbekistan.?

Tak banyak yang tahu kalau di ibu kota Uzbekistan, Tasykent, terdapat peninggalan Islam yang amat penting yaitu Mushaf Al Qur’an Tertua.

Ini merupakan pengingat akan peran penting Asia Tengah dalam sejarah islam. Sebuah peran yang sering terlupakan setelah Uni Soviet menerapkan komunisme di sana selama sekitar 70 tahun.

Mushaf  itu tersimpan di sebuah  Perpustakaan di wilayah Hast-Imam di kota tua Tasykent.

Mushaf ini dibuat atas perintah  Khalifah Utsman bin Affan di Madinah. Sebelumnya, Al Qur’an kebanyakan ditulis dalam berbagai media, seperti batu, tulang, atau lembaran kayu. Pembuatan Mushaf  ini selesai pada tahun 652 M atau 19 tahun setelah Nabi Muhammad meninggal.

Mushaf tersebut sekarang tersimpan di sebuah ceruk dengan jendela kaca dalam sebuah kamar kecil. Sekitar 250 halaman masih tersisa dari Mushaf aslinya. Mushaf ini terbuat dari kulit rusa dan bertuliskan huruf arab bergaya Hijazi yang merupakan gaya penulisan bahasa Arab di masa itu. Ada noda hitam pada Mushaf ini yang dipercaya sebagai bekas darah dari Utsman saat beliau syahid dibunuh ketika sedang membaca al Qur’an.


Informasi lebih lanjut:

Twitter             : @al_iqtishodi
Instagram        :  al_iqtishodi
FB                   : al.iqtishodi
Blog                : sahabatiqtishodi.blogspot.com
Line                 : http://line.me/ti/p/~@xhz6489y

Kabinet Azmi Rabbani
#BersamaMenebarManfaat






©BSO Al-Iqtishodi Masa Jihad 1438 H

Komentar

Postingan Populer