[ENSIKLOPEDIA ISLAM]

[ENSIKLOPEDIA ISLAM]
EDISI
‼️PENINGGALAN ISLAM‼️
Assalammualaikum,Wr.Wb Hallo, Sahabat Muslim FE UNJ ๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Masjid Agung Umayyah
(Great Mosque of Damascus)
, berlokasi di kota lama Damaskus,Suriah adalah masjid yang terbesar dan tertua di dunia. Masjid ini dibangun pada masa Khalifah Al-Walid bin Abdul-Malik dari Bani Umayyah tahun 88-97 Hijriyah atau 706-715 Masehi, di kota Damaskus, Suriah, ibu kota Bani Umayyah pada waktu itu. Dibangun di atas runtuhan tempat peribadatan Romawi, tempat menyembah Dewa Yupiter, dengan mengadopsi tipe bangunan Masjid Nabawi di Madinah.

Di dalam komplek masjid ini dimakamkan Panglima Islam, Salahuddin Al-Ayubi, beliau di tahun 1167 bersama pasukan perangnya membebaskan Palestina dan Masjidil Aqso dari pasukan salib. Di Dalam Masjid Ini juga terdapat makam Nabi Yahya AS putra dari Nabi Zakaria.

Masjid ini merupakan saksi sejarah menyakitkan bagi ummat Islam, yaitu pembantaian di daerah Karbala (Irak) oleh pasukan Yazid terhadap Imam Husein Bin Ali, cucu Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta pengikutnya di Karbala. Husein bin Ali dipenggal oleh pasukan bayaran Yazid, kepalanya di bawa ke Damaskus dan kemudian di pamerkan dalam peti kaca di Masjid Damaskus oleh Yazid.

©Humas & Media BSO Al-Iqtishodi
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Informasi lebih lanjut:
๐Ÿค@al_iqtishodi
๐Ÿ“ทal_iqtishodi
๐Ÿ‘ฅal.iqtishodi

Kabinet Azmi Rabbani
#BersamaMenebarManfaat
 
©BSO Al-Iqtishodi Masa Jihad 1438 H

Komentar

Postingan Populer