[ENSIKLOPEDIA ISLAM]



EDISI
‼TOKOH ISLAM‼

Assalammualaikum,Wr.wb 
Hallo, Sahabat Muslim FE UNJ
Ketahui tentang tokoh Islam, yaitu Muhammad Al Fatih, yuk!

Muhammad Al Fatih adalah seorang raja atau sultan Kerajaan Utsmani yang paling terkenal. Ia merupakan Sultan ke-7 dalam sejarah Islam Bani Utsmaniyah. Al Fatih adalah seorang pemimpin penaklukan Kerajaan Romawi Timur yang telah berkuasa selama 11 abad. Al Fatih memerintah selama 30 tahun.
Nama asli Al Fatih sebenarnya Al Ghazi Muhammad. Ia dilahirkan pada 27 Rajab 835 H atau 30 Maret 1432 M di kota Erdine, ibu kota Daulah Utsmaniyah. Ia adalah putra dari Sultan Murad II yang merupakan raja ke-6 Daulah Utsmaniyah.
Al Fatih diangkat menjadi Khalifah Utsmaniyah pada tanggal 5 Muharam 855 H bersamaan dengan 7 Februari 1451 M. Ketika menjabat menjadi Khalifah hal besar yang ingin ia lakukan adalah menaklukan konstantinopel.
Al Fatih menyiapkan lebih dari 4 juta prajurit untuk mengepung Konstantinopel dari darat. Pada saat mengepung benteng Bizantium banyak pasukan Utsmani yang gugur karena kuatnya pertahanan benteng tersebut. 
Akan tetapi, Al Fatih merupakan khalifah yang cerdas. Ia menemukan ide dan menggandeng 70 kapal pasukannya melintasi Galata ke muara setelah meminyaki batang-batang kayu. Hal itu dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, tidak sampai satu malam.
Namun demikian, peperangan besar tersebut mengakibatkan 256.000 pasukan umat Islam gugur. Pada tanggal Jumadil awal 857 H bersamaan dengan 29 Mei 1453 M, Al Ghazi berhasil memasuki kota Konstantinopel dan saat itulah ia dikenal dengan Sultan Muhammad Al Fatih, penakluk Konstantinopel.  

Kabinet Azmi Rabbani
#BersamaMenebarManfaat

Informasi lebih lanjut:

Twitter             : @al_iqtishodi
Instagram        :  al_iqtishodi
FB                   : al.iqtishodi
Blog                : sahabatiqtishodi.blogspot.com
Line                 : http://line.me/ti/p/~@xhz6489y

Kabinet Azmi Rabbani
#BersamaMenebarManfaat


©BSO Al-Iqtishodi Masa Jihad 1438H

Komentar

Postingan Populer