Mengapa Berdo’a Sebelum Bercermin?

“Yaaaah ada jerawat lagi” Ujar seorang wanita yang sedang risau menatap wajahnya dicermin. Rasa malu seketika muncul ketika mengetahui ada sebuah jerawat tumbuh diwajahnya dan menganggapnya hal yang memalukan. Banyak keluhan yang keluar dari lisannya hanya karena beberapa detik saja bercermin.
Disisi lain “Waaaah masker bengkuang itu sangat cocok diwajahku, sekarang jadi makin cantik deh” Kata wanita lain yang sedang dengan bangganya menatap wajah mulus nan putihnya dicermin.
Sebuah kegiatan yang sama yang dilakukan dua orang berbeda pun memberikan hasil yang berbeda dan sangat bertolak belakang. Di satu sisi ada seorang wanita yang mengeluh  saat bercermin hanya karena ada sebuah jerawat yang tumbuh diwajahnya. Di sisi lain, ada seorang wanita yang membanggakan kecantikan yang ada pada wajahnya. Dua hal yang sangat bertolak belakang, namun manakah yang paling benar? Jika dibandingkan dengan wanita ketiga yang bercermin sambil berdo’a
اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ
“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”
Wanita itu menatap wajahnya dalam cermin  seraya berkata “sungguh indah Engkau ciptakan hamba dengan segala bentuk yang Engkau kehendaki. Dan sungguh tiada Dzat yang lebih sempurna nan indah selain Allah SWT.”
Wanita ketiga menatap cermin dan memandang dirinya seraya mengagumi kekuasan Allah yang maha besar dan senantiasa mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan. Tanpa ada sedikit pun kesombongan yang menghinggapinya. Begitupun tak ada keluh yang keluar dari lisannya, hanya syukur atas segala nikmat Allah lah yang terucap.
Allah SWT. Menciptakan hambaNya dengan segala kesempurnaan bentuk yang Allah kehendaki. Dan Allah ciptakan syaitan untuk senantiasa menggoda manusia dalam setiap aktivitasnya, bahkan saat bercermin. Syaitan akan hadir dan membuat manusia lalai akan segala nikmat Allah SWT. dan tanpa sadar mengeluhkan segala apa yang ada dalam diri kita. Dan syaitan pun hadir untuk membisikan kesombongan dalam diri kita saat bercermin agar kita merasa bangga dan lupa bahwa kecantikan itu hanyalah titipan dari Allah SWT.
Begitu banyak celah syaitan untuk menggangu manusia dan menggoyahkan keimanan manusia. Untuk itu, ketika bercermin pun harus tetap berhati-hati dan senantiasa membekali diri dengan do’a  yang insya Allah akan menghindarkan diri kita dari buruknya bisikan syaitan yang dapat menjauhkan diri dari Allah SWT. 

Oleh YUDHIA NUR FITRIANA (Biro Muslimah BSO Al-Iqtishodi)

Komentar

Postingan Populer