[PRESS RELEASE KAJIAN ISLAM EKONOMI (KAFE) APRIL #2]


1.      Kamis, 21 April 2016

Pelataran Gd. L
Ust. Firdi

“Keutamaan Sholat Dhuha”

Sholat dhuha adalah waktu ibadah Sunnah ketika matahari sudah naik sepenggalan dan berakhir ketika matahari lingsir, dengan jumlah rakaat sebanyak 2 hingga 12 rakaat.
Waktunya kurang lebih 15 menit setelah syuruq dan berakhir sekitar pukul 11 siang. Dan sholat Sunnah dhuha merupakan sholat Sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.
Keutamaan sholat dhuha:
a.      “Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan sholat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)
b.      Sebagai pelengkap sholat wajib. Apabila kualitas sholat baik menandakan seseorang baik akan agamanya.
c.       Mendapat pahala sama seperti haji dan umrah.
d.      Allah akan mencukupkan segala kebutuhan kita di hari tersebut.
Bolehkah sholat dhuha berjamaah?
Sholat dhuha berjamaah diperbolehkan tetapi lebih utama sholat Sunnah itu dikerjakan sendiri dan lebih utama dilakukan dirumah.


Sholat dhuha berjamaah boleh dikerjakan secara berjamaah apabila dengan masalahat untuk pembelajaran anak-anak, tetapi jangan dilakukan secara terus menerus agar tidak terbentuk pemikiran bahwa sholat Sunnah dhuha harus dilaksanakan secara berjamaah.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1.      Kamis, 28 April 2016

Gd. N-102 Kampus A UNJ
Ust. Heriyanto M.

“Sirah Sahabat Abu Bakar Ash Shidiq”




Khalifah Abu Bakar Ash Shidiq merupkaan orang yang mempercayai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam pada saat Beliau pergi ke langit ke-7 atau Sidratul Muntaha yang disebut Isra’ Mi’raj dikala orang lain tidak mempercayai Rasulullah. Karena hal tersebut Abu Bakar dijuluki ash Shidiq atau yang dipercaya atau benar karena beliau selalu membenarkan perkataan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.
Setleah wafatnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam, Abu Bakar ash Shidiq memegang peranan Khalifah selama 2 tahun. Umar bin Khattab selama 10 tahun. Utsman bin Affan selama 13 tahun. Dan Ali bin Abi Thalib selama 5 tahun. Dan keempat khilafah tersebut dijuluki sebagai khulafaurrasyidin dengan total masa kekhalifahan 4 sahabat Nabi selama 28 tahun, sedangan masa Kenabian Rasulullah selama 23 tahun.
Ada program besar yang dilakukan selama kekhalifahan Abu Bakar ash Shidiq, yaitu: memberangkatkan pasukan Usamah, memerangi orang yang murtad, perang Al-Yamamah, Pengumpulan ayat suci Al-Quran, mengirimkan pasukan ke Iraq, penyerangan ke negeri-negeri romawi.
Terjadi hal yang sangat disayangkan ketika dalam perang Yamamah banyak penghafal Quran yang mati syahid, kemudian dalam masa kekhalifahan Abu Bakar ash Shidiq terdapat gerakan pengumpulan ayat suci Al Quran dari orang yang hafal Quran dikumpulkan dan disusun dalam pelepah, kulit binatang, batu, dsb. Dan pada saat itu masih berupa suhuf atau lembaran lembaran yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6236 ayat.
Program pengumpulan Al Quran ini disimpan hingga Abu Bakar wafat kemudian disimpan kembali pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab, dan hingga kemudian kepada Hafshah. Karena inisiatif mengumpulkan Al Quran ini, kesucian dan kebenaran Al Quran masih terjaga hingga saat ini dan masih dapat dijadikan pedoman hidup bagi Seluruh umat manusia yang ada di bumi yang tidak ada keraguan didalamnya. Seperti ayat Al Quran pada Al Maidah:48 ﴿ Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.
Kemudian Abu Bakar pada masa kekhalifahannya mengirimkan pasukan ke kerajaan adidaya pada saat itu yaitu Persia dan berhasil mengalahkan setiap negara yang ada di Persia.
Hikmah yang dapat diambil dari masa kekhalifahan Abu Bakar ash Shidiq bagi umat Muslim pada saat ini adalah umat Muslim harus terus mencari ilmu dunia dan akhirat dan khususnya mendalami Islam agar menjadi generasi yang cerdas, serta tidak jauh dari Al Quran, dan senantiasa meng upgrade kualitas diri baik jasmani maupun rohani. Karena Islam butuh Muslim yang taat kepada Allah dan Rasulnya, serta melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar agar tetap terjaganya sisi yang menerangi gelapnya dunia pada saat ini.

Komentar

Postingan Populer