[PRESS RELEASE KAJIAN ISLAM EKONOMI (KAFE) APRIL #1]


1.      Kamis, 7 April 2016

Pelataran Gd. L
Ust. Firdi

“Hukum Air”



Urgensi air:
a.      Sebagai sumber kehidupan
b.      Simbol keindahan
c.       Sebagai obat
d.      Bahan untuk membersihkan/bersuci
Macam-macam air secara umum ada 4, yaitu:
a.      Air mutlak: air yang suci dan mensucickan (tidak berwarna, berbau, berasa). Contoh: air hujan, air salju, zam-zam, dll.
b.      Air musta’mal: air sisa yang jatuh dari anggota tubuh setelah mandi atau setelah wudhu. Air ini hukumnya suci dan mensucikan.
c.       Air yang bercampur dengan benda yang suci, hukumnya suci dan mensucikan apabila kemutlakan (tidak berbau, berasa, berwarna) airnya tetap terjaga.
d.      Air yang bercampur dengan najis
·         Apabila najis yang jatuh ke air tidak mengubah warna, rasa, dan bau maka air tersebut tetap suci dan mensucikan.
·         Apabila najis yang jatuh ke air dapat mengubah warna, rasa dan bau maka air tersebut hukumnya najis dan tidak dapat digunakan untuk bersuci


Macam-macam najis: bangkai hewan (kecuali ikan dan belalang), babi, khamr, wadi & madzi, muntah, kotoran hewan yang tidak dimakan dagingnya (kucing, anjing, dll), darah haid/darah yang mengalir.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1.      Kamis, 14 April 2016

Gd. N 104-105
Ust. Fajar Tri Nugroho

“Liberalisme”




Liberalism terdiri dari dua kata. Yaitu ‘liberal’ dan ‘isme’. Liberal yang berarti bebas, dan isme yang berarti paham. Jadi liberalisme memiliki arti pemahaman yang bebas. Tujuan dari liberalisme ini adalah ingin mencampur adukan semua paham agama.

Pada dasarnya paham liberalism dipakai dan dibuat bangsa barat, dan bukan untuk umat islam.
Tersebarnya aliran pemikiran liberalisme tidak lepas dari peran barat yang sangat giat menyebarkannnya melalui kekuatan politik, ekonomi, dan teknologi informasi yang mereka miliki.
Sebagai umat islam, tentu kita tidak ingin peradaban islam yang dibangun diatas akidah dan nilai-nilai agama Allah ini dirusak oleh orang-orang kafir dengan pemikiran-pemikiran luar itu. Islam adalah agama yang sempurna dengan ajaran yang bersumber dari wahyu Allah, Pencipta yang Maha Mengetahui segala kebutuhan makhluk-makhluk-Nya. Karenanya islam tidak membutuhkan paham dan ideology dari luar.
Bagaimana dengan menjaga diri dari paham liberalisme ?
a.      Kalau bertemu orang yang berpaham liberal. Jangan pernah dekati, ikuti, dan duduk bersama mereka.
b.      Tetap terus tingkatkan ilmu serta keimanan agar ktia semua terjaga dari penyakit syubhat dan syahwat yang dapat merusak hati dan pikiran.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Komentar

Postingan Populer