SIAPAKAH ORANG BANGKRUT DI AKHIRAT KELAK?

Assalamua'laykum.. shob
Apa yang ada dalam benakmu ketika mendengar kata "Bangkrut"
rugi berat? tiba-tiba miskin? usaha gagal?
Pasti ga mau deh dalam posisi bangkrut. Tapi tau gak ternyata bangkrut bukan hanya sebatas menyangkut materi yang kita punya di dunia loh. Kebangkrutan ini juga bisa menimpa kita ketika di akhirat nanti. NAH LOH?
Siapa sebenarnya yang bangkrut diakhirat? Simak hadits berikut ini yuk.

“Tahukah kamu siapa orang yang bangkrut? Para sahabat menjawab, “Allah dan rasulNya lebih mengetahui.”  Nabi SAW lalu berkata, “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku ialah (orang) yang datang pada hari kiamat dengan membawa amalan puasa, shalat dan zakat, tetapi dia pernah mencaci-maki orang dan menuduh orang itu berbuat zina. Dia pernah
memakan harta orang itu, lalu dia menanti orang ini menuntut dan mengambil pahalanya (sebagai tebusan) dan orang itu mengambil pula pahalanya. Bila pahala- pahalanya habis sebelum selesai tuntutan dan ganti tebusan atas dosa-dosanya maka dosa orang- orang yang menuntut itu diletakkan di atas bahunya lalu dia dihempaskan ke api neraka.” (HR. Muslim)

Sudah sangat jelas bahwa kata Rasul, orang yang bangkrut itu bukanlah orang yang usahanya gagal dan tidak balik modal. Namun, orang yang bangkrut itu adalah orang yang segala amalannya ketika di dunia, dibagikan kepada orang-orang yang telah ia dzalimi. Naudzubillah.
Terkadang, tanpa kita sadari ada kata yang tidak seharusnya terucap. Ada kata yang menyakiti hati orang lain namun kita tidak menyadarinya. Banyak hal yang mungkin kita lakukan ternyata menyakiti hati orang lain. Maka tugas kita adalah terus memperbaiki diri dan berhati-hati dalam bersikap agar tidak menyakiti orang lain. Saling menjaga perasaan antarsesama.
Semoga kita tidak termasuk ke dalam orang bangkrut di Akhirat kelak Aaamiin..

Komentar

Postingan Populer